Mudah Belajar Kimia di Ubuntu

Ada beberapa aplikasi Kimia untuk Linux diantaranya :


Chemtool

Chemtool adalah sebuah program kecil untuk menggambar struktur kimia pada sistem Linux dan Unix menggunakan toolkit GTK bawah X11.

Chemtool bergantung pada transfig oleh Brian Smith untuk mencetak postscript dan mengekspor file dalam format PicTeX dan EPS. Pendamping program Its, xfig, direkomendasikan untuk meningkatkan output chemtool, dan untuk pembuatan diagram 2D dan skema pada umumnya. Keduanya disertakan dengan kebanyakan distribusi Linux, dan tersedia melalui sejumlah website termasuk www.xfig.org. Jika Anda ingin mengimpor gambar chemtool ke program pengolah kata lain selain LaTeX, Anda mungkin akan ingin menambahkan bitmap pratayang kepada mereka, selama tidak ada StarOffice / OpenOffice atau bahwa perangkat lunak dari Redmond tampaknya dapat menampilkan sisipan postscript di layar tanpa mereka. Untuk tujuan ini, baik menggunakan ps2epsi, yang datang dengan ghostscript, atau epstool, bagian dari gsview dianjurkan. Sejak chemtool-1.6, opsi ini didukung langsung (melalui fungsi setara ditawarkan oleh versi terbaru dari transfig).adalah sebuah program kecil untuk menggambar struktur kimia pada sistem Linux dan Unix menggunakan toolkit GTK bawah X11.

BKChem
BKChem adalah software Ubuntu untuk pelajaran kimia yang dikemas dengan fitur. Mendukung, menurut tim pengembang website: gambar ikatan molekul, panjang ikatan dan pembatasan sudut untuk membantu dengan gambar, siap untuk menggunakan template umum, mendukung warna, grafik vektor sederhana (persegi panjang, lingkaran, poligon, dan lain – lain) serta lainnya.


Mengedit juga mudah dengan kemampuan unlimited undo dan redo, menyelaraskan, scaling, rotasi (2D, 3D), menyelaraskan molekul, rotasi fragmen molekul , definisi dari gambar (panjang ikatan, lebar, warna).

BKChem memiliki kemampuan ekspor untuk SVG (data asli secara transparan tertanam ke dalam file SVG), OpenOffice Draw format, ODF (OpenOffice 2.0), Encapsulated PostScript, PDF, PNG, dukungan dasar untuk kedua CML1 dan CML2, Molfiles dan generasi SMILES. Dapat juga mengimpor CML1 dan CML2, Molfiles, SMILES (subset) dan inchi (subset). BkChem diterjemahkan dalam bahasa Inggris, Perancis, Ceko, Polandia, Jerman dan terjemahan Tradisional Cina.

GchemCalc
Chemical Calculator atau GchemCalc adalah software Ubuntu untuk pelajaran kimia lainnya yaitu kalkulator kimia untuk menentukan berat molekul dari rumus dan persentase masing-masing, semua sangat cepat dan mudah.

Xdrawchem

Xdrawchem (Chemical structures and reactions editor)
Xdrawchem adalah editor 2D untuk struktur dan reaksi kimia. Kemampuannya merupakan bayangan program komersial ChemDraw, terutama untuk 2D-nya.


 

GChempaint

GChempaint (2D chemical structures editor for the GNOME2 desktop)
GChempait adalah aplikasi yg mirip dengan Xdrawchem, namun ditambah dengan kemampuannya membuat dokumen dengan berbagai interface. Gambar berbagai molekul hasil GChempaint ini dapat disearch pada NIST Webbook and PubChem.

Sumber : Harly Umboh Blog's

Top DSPI - Direktori Situs Pendidikan Indonesia Terbaik